Rabu, 13 April 2016

Manfaat Bayam Merah

Salam sahabat, 

Apa kabar saudaraku, perkenalkan namaku noer-man. 
Banyak sekali yang ingin aku sampaikan melalui artikel ini.  Namun kali ini yang ingin saya sampaikan mengenai manfaat bayam merah. 

 Bayam merah Habitat asalnya dari Amerika tropis, dan menyebar tumbuh dengan baik dinegara negara beriklim tropis dan subtropis. Bayam merah dapat tumbuh sepanjang tahun, biasa diketemukan pada wilayah ketinggian hingga 2000m dpl. Bayam merah sendiri merupakan salah satu dari beberapa varietas bayam yang ada, diantaranya bayam hijau,bayam duri, bayam tanah dsb. Bayam merah sendiri ada 2 jenis, yaitu bayam merah yang seluruh daun dan batangnya berwarna merah(blitum rubum) dan yang berdaun merah namun batang berwarna hijau(blitum album).
Bayam merah biasa dimanfaatkan sebagai sayuran pelengkap sumber gizi yang baik, dan banyak juga pakar herbal yang menyarankan bayam merah untuk membantu pengobatan penyakit tertentu.
Khasiat dan manfaat bayam merah dan kandungan gizi bayam merah
Kandungan Gizi Bayam MerahBagian Bayam Merah yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 71 %Energi  = 51 kkalProtein  = 4,6 grLemak  = 0,5 grKarbohidrat  = 10 grKalsium = 368 mgFosfor = 111 mgZat Besi = 2 mgVitamin A  = 5800 IUVitamin B1 h = 0,08 mgVitamin C  = 80 mgKhasiat Bayam Merah :

Perbandingan gizi/ banyak (food weight)  dalam penelitian per 100 gr.
Secara umum bayam merah dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah memiliki khasiat untuk pengobatan disentri. Karena Bayam termasuk dalam golongan sayuran berserat, maka bayam merah  juga melancarkan proses buang air besar. Makanan berserat pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol, darah tinggi dan menurunkan berat badan. Infus daun bayam merah 30% per oral, dan dapat meningkatkan kadar serum besi, hemoglobin dan hematokrit kelinci. Dalam hal pemanfaatan bayam merah untuk pengobatan,  bayam merah lebih berkhasiat daripada bayam hijau.

Demikian artikel kali ini saya sampaikan.
Semoga bermanfaat, terimakasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar